Heboh Ternyata Penemu Benua Amerika Pelaut Muslim,Bukan Christopher Columbus


https://www.seputarislam.id/

527  (lima ratus dua puluh tujuh) tahun lalu, ratu dan raja inggris  secara resmi  yaitu Isabel dan Ferdinand memberikan restu pada Christopher Columbus untuk memulai ekspedisi pelayarannya.

Sekaligus menyanggupin untuk mengongkosinya dalam mencari dunia baru dengan misi gold, glory, dan gospel. Mencari kekayaan, kemahsyuran, dan menyebarkan agama.

Colombus pulang dengan membawa hasil, emas, budak, dan nama baik yang terus didengungkan selama berabad-abad sebagai: Penemu benua Amerika.

Jadi Benarkah Colombus penemu benua Amerika ?

Ternyata Teori ini sudah disanggah banyak pihak dengan serangkaian bukti yang tak terbantahkan secara ilmiah.

Seperti dikutip dari Al Jazeera Erdogan menceritakan seorang cendekiawan Muslim bernama Abu ar-Rayhan Muhammad bin Ahmad al-Biruni atau yang lebih dikenal dengan nama al-Biruni yang pertama kali secara resmi menunjukkan adanya daratan lain di samudera lepas antara Eropa dan Asia. Dataran itulah yang kini dikenal sebagai benua Amerika.

Hipotesis tentang keberadaan benua Amerika ini dikenal Barat dengan nama Codex Masudicus, yang ditulisnya pada 1037, saat usia 70 tahun.

Dengan beragam ilmu yang dikuasainya, terciptalah teori tentang benua baru itu. Meski secara fisik ia tak pernah menjejakkan kakinya di sana, karena usianya yang sudah uzur, namun pendapatnya itu menginspirasi para penjelajah Muslim untuk menemukannya.

Tercatat, pada pertengahan abad ke-10, di masa pemerintahan Abdul Rahman III (929-961) dari Daulah Ummayah Andalusia, para penjelajah Muslim telah berlayar dari Pelabuhan Spanyol Delba (Palos) ke suatu tempat yang dinamai “laut yang gelap dan berkabut”. Lokasi itu sama dengan posisi benua Amerika saat ini

Catatan itu ditulis oleh sejarawan Muslim sekaligus ahli geografi ternama, Abul-Hassan Ali Ibnu Al Hussain-Al Masudi (871-957) dalam kitabnya “Muruj adz-dhahab wa maadin aljawhar -Padang Emas dan Tambang Permata-“. Disebutkan seorang navigator Muslim bernama Khashkhash bin Said bin Aswad, dari Cordoba, Spanyol, berlayar dari Delba (Palos) pada 889. Para penjelajah Muslim ini menyeberangi samudera Atlantik, mencapai wilayah yang tidak dikenal (ard majhoola) dan kembali dengan harta yang luar biasa.

Semoga Rangkuman Artikel dari Seputar islam ini bisa bermanfaat buat sahabat beriman semua, nanti kan artikel selanjut dari seputar islam.
               

0 Response to "Heboh Ternyata Penemu Benua Amerika Pelaut Muslim,Bukan Christopher Columbus "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel